Minggu, 20 Oktober 2013

Reset Password BIOS Toshiba Satellite A135

Teman saya ada yang pernah meminta tolong untuk membukakan password bios pada laptop Satellite A135-S2276 (PSAD6U). Katanya laptopnya rusak gara-gara di pakai oleh adiknya. pertamatama saya coba masuk kedalam biosnya ternya biosnya pun sama masih tidak dapat di buka karena saya tidak mengerti . Langsung saya nyalakan komputer dan internet. 

Langkah pertama yg bisa saya lakukan adalah Googling…, karena google adalah tempat bertanya yang jujur. Dari beberapa forum yang berkenaan dengan masalah ini disebutkan memang terdapat bug pada versi awal BIOS Toshiba Satellite A135 dan beberapa produk laptop toshiba lainnya yang bisa mengakibatkan kesalahan ini sehingga password akan diaktifkan pada EEPROM2 dalam kondisi tertentu (misalnya ketika power dalam batere telah benar-benar habis). Ini persis seperti kasus yang dialami adik saya. Disebutkan pula solusinya adalah melakukan update versi BIOS terakhir yaitu v1.60 - 22/Des/2008. Saya berpikir bagaimana cara melakukan update dengan kondisi laptop terproteksi password…? Solusi 5: Short Pin JOPEN1 ( BERHASIL ): Akhirnya saya menemukan solusi untuk memperbaikinya pertama lepas batere laptop, memory. lalu hubungkan JOPEN1(U) dengan…. JOPEN1(T).amati pada JOPEN1 ternyata ada dua jalur yang tidak saling terhubung. Dua jalur ini menyerupai huruf T dan U yang saling bertumpuk dengan posisi T berada di atas U.




hubungkan JOPEN 1 Yg berbentuk Huruf T dan U


Karena jaraknya yang terlalu dekat dan sangat kecil, rasanya tidak mungkin bisa mengandalkan pinset atau peniti. Akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan Obeng minus berukuran kecil. Saya hubungkan kedua pin ini (T dan U) selama kurang lebih 45 detik. Lalu saya pasang kembali seperti semula dan menyalakan laptop lagi. Akhirnya kami bisa bernafas lega karena tampilan BIOS langsung muncul tanpa pertanyaan password lagi.

0 komentar:

Posting Komentar