Jumat, 07 Februari 2014

Membuat Virtual Machine pada Windows 8



Jika pada artikel sebelumnya penulis membahas bagaimana mengaktifkan fitur Hype-V pada Windows 8, pada artikel ini saya akan membahas bagaimana membuat virtual machine pada Windows 8. Tutorial pada artikel ini juga merupakan sambungan dari tutorial yang terdapat pada artikel sebelumnya. Sebelum kamu membuat virtual machine langkah-langkah yang harus dilakukan adalah menentukan komponen-komponen virtual machine tersebut seperti besarnya hardisk, memory, jenis koneksi jaringan, sistem operasi apakah yang akan di gunakan apakah 32bit atau 64 bit dan master instalasi apakah akan menggunakan master image .ISO atau CD/DVD Rom.
Setelah itu, langkah selanjutnya membuat virtual switch, virtual switch di gunakan untuk menghubungkan virtual machine dengan jaringan. Ada 3 jenis virtual switch yang perlu kamu pahami yaitu :
1. Private : Koneksi jaringan ini akan menghubungkan antara virtual machine s, virtual machine tidak dapat berkomunikasi dengan jaringan luar baik virtual machine host atau komputer di jaringan fisik.
2. Internal : Koneksi jaringan ini menghubungkan virtual machine dengan virtual machine dan virtual machine host, tidak dapat berkomunikasi dengan komputer yang berada di jaringan fisik.
3. External : Koneksi jaringan ini dapat menghubungkan virtual machine ke semua jenis jaringan, baik virtual machine dengan virtual machine atau dengan virtual machine host atau juga dengan komputer yang berada pada jaringan fisik.
Cat :
Virtual machine : mesin virtual yang terintall pada Hyper-V.
Virtual machine host : komputer fisik yang terintall Hyper-V.
Berikut langkah-langkah untuk membuat virtual machine pada Hyper-v :
1. Buka Hyper-V Manager dari metro style, selain dengan cara itu kamu juga bisa menggunakan fungsi Search pada Windows 8.


2. Selanjutnya buat virtual switch terlebih dahulu, klik pada kolom Action pilih Virtual switch manager.


3. Muncul jendela Virtual Switch Manager, kemudian klik pada New Vitual Switch kemudian tentukan jenis virtual switchnya, di sini penulis memilih External kemudian klik tombol Create virtual Switch.


4. Kemudian pada halaman Virtual switch properties tentukan nama dari virtual switch, begitu juga NIC yang akan digunakan untuk vitual switch tersebut. Seperti terlihat pada gambar di bawah pada komputer penulis terdapat 2 NIC, satu untuk LAN dan satu lagi untuk Wireless LAN. Oh ya, kamu juga bisa mem-binding wireless LAN ke switch external secara langsung dengan begitu virtual machine-mu dapat konek ke jaringan wireless secara langsung tanpa harus melalui virtual machine host terlebih dahulu. Pilih opsi External pilih NIC kemudian klik tombol OK.


5. Setelah pembuatan virtual switch selesai, langkah selanjutnya adalah membuat Virtual Machine, pada Hyper-V manager pilih menu ActionNew kemudian pilih Virtual Machine.


6. Muncul halama Before you begin langsung klik Next saja.
7. Muncul halaman Specify name and location, Tentukan nama Virtual machine dan dimana virtual machine tersebut akan di simpan, kemudaian klik tombol Next.
· Name : Windows 8
· Location : c:\VMs\Windows 8


8. Pada halaman Assign Memory, tentukan jumlah memori yang akan di alokasikan misal 1 GB ketikan 1024 MB, kamu bisa memilih atau tidak opsi Enable Hyper-V to manage the memory amount dynamically for this VM lalu klik tombol Next. Pilihan ini berguna untuk mengoptimalkan penggunaan memori, jika VM penggunaaan memorinya kecil maka akan secara otomatis Hyper-V akan menurunkan alokasi memorinya dengan begitu dapat digunakan oleh VM yang lain yang membutuhkan memori lebih dan jika sewaktu-waktu penggunan memori meningkat Hyper-V akan menaikannya sesuai dengan yang di alokasikan, jadi jika kamu hanya mempunyai memori yang pas-pasan kamu dapat atau wajib mengaktifkan fitur ini untuk mengoptimalkan penggunaan memori.


9. Muncul halaman Configure Networking, pada opsi Connection akan muncul virtual switch yang pernah kamu buat, seperti pada gambar di bawah terdapat virtual switch External yang telah dibuat sebelumnya, pilih External kemudian klik tombol Next.

10. Pada halaman Connect Virtual Hard Disk, di sinilah semua file vitual machine akan disimpan, pada pilihan ini kamu dapat membuat virtual Hard Disk secara langsung atau kemudian. Pada contoh ini penulis membuatnya secara langsung jadi opsi Create a virtual hard disk yang dipilih kemudian tentukan nama, lokasi dan besar hard disk kemudian klik tombol Next.
· Name : Windows 8.vhdx
· Location : c:\VMs\Windows 8\Windows 8\Virtual hard Disk\
· Size : 50 GB


11. Selanjutnya pada halaman Installation Option, pilih media instalsi yang akan digunakan, apakah akan menggunakan file .ISO, CD/DVD Rom, floppy disk atau melalui jaringan. Karena master installasi penulis dalam file .ISO maka saya memilih opsi Install an operating system from a boot CD/DVD-ROM kemudian pilih Image file (.iso), lalu klik Browse untuk mencari file .ISO di simpan jika sudah klik tombol Next.
12. Muncul halaman summary, jika pengturan sudah sesuai tinggal tombol Finish.
13. Sampai di sini pembuatan Virtual machine telah selesai, untuk membuka VM klik 2 kali pada VM Windows 8.


14. Dan untuk menyalakan tinggal klik ikon start.


15. Selanjutnya kamu dapat menginstall sistem operais pada virtual machine seperti pada menginstall sistem operasi pada mesin fisik J


Published Tuesday, February 14, 2012 4:26 PM by Andik susilo
Filed under: Hyper-V, Windows 8

0 komentar:

Posting Komentar